welcome to my blog, hopefully useful :)

Minggu, 16 Desember 2012

Kelainan Sistem Pernapasan Pada Manusia


Kelainan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Kelainan Pada Sistem Pernapasan Pada Manusia
Kelainan Pada Sistem Pernapasan Pada Manusia - Banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan dan penyakit pada sistem pernapasan tersebut, Selain gangguan yang bersifat fisik, terdapat gangguan saluran   pernapasan yang disebabkan infeksi bakteri atau virus. Pada umumnya gangguan ini menyebabkan peradangan karena adanya respons sistem kekebalan tubuh. Peradangan ini diberi nama bergantung pada tempat terjadinya peradangan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa bersyukur atas kesehatan yang kita miliki saat ini.

Berikut adalah beberapa contoh gangguan pada sistem pernapasan manusia :
  1. Emfisema, merupakan penyakit pada paru-paru. Paruparu mengalami pembengkakan karena pembuluh  darahnya kemasukan udara.
  2. Asma, merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi, seperti debu, bulu, ataupun rambut. Kelainan ini dapat diturunkan.  Kelainan ini juga dapat kambuh jika suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin.
  3. Kanker paru-paru. Penyakit ini merupakan salah satu  yang paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru  terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lamakelamaan dapat menyerang seluruh tubuh.  Salah satu  pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok.  Merokok dapat memicu terjadinya kanker paru-paru  dan kerusakan paru-paru.
  4. Tuberkulosis (TBC), merupakan penyakit paru-paru yang  disebabkan oleh  Mycobacterium tuberculosis. Bakteri  tersebut menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus.  Jika penyakit ini menyerang dan dibiarkan semakin luas,  dapat menyebabkan sel-sel paru-paru mati. Akibatnya  paru-paru akan kuncup atau mengecil. Hal tersebut  menyebabkan para penderita TBC napasnya sering  terengah-engah.
  5. Bronkhitis, merupakan gangguan pada cabang batang  tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya adalah penderita  mengalami demam dan menghasilkan lendir yang  menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita  mengalami sesak napas.
  6. Influenza ( flu), merupakan penyakit yang disebabkan  oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala  bersin-bersin, demam, dan pilek.
  7. Faringitis merupakan radang pada faring karena infeksi. Peradangan juga dapat terjadi karena terlalu banyak merokok, ditandai dengan rasa sakit saat menelan dan rasa kering di kerongkongan.

  8. Dipteri merupakan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Pada umumnya, disebabkan oleh Corynebacterium diphterial. Pada tingkat lanjut, penderitanya dapat mengalami kerusakan selaput jantung, demam, lumpuh, bahkan meninggal dunia.


Pasang Sumbernya : http://alfadlys.blogspot.com/2012/10/kelainan-pada-sistem-pernapasan-pada.html#ixzz2FH15Xs4B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar