welcome to my blog, hopefully useful :)

Senin, 24 Desember 2012

ketimun cantikk


Khasiat Ketimun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ketimun atau scientifict Cucumis Sativus tak hanya enak dan menyegarkan untuk di makan, sebab khasiat buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Ketimun cukup mudah ditemui, sebab sering dijadikan sebagai pelengkap lalapan, pecal, maupun minuman segar.
Sebuah ketimun segar, umumnya mengandung 0,65% protein, 0,1% lemak dan 2,2% karbohidrat. Selain itu ketimun juga mengandung zat bermanfaat lainnya, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.
Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan khasiat ketimun:
1. Ketimun yang kaya serat berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun.
2. Ketimun dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, memiliki khasiat meringankan penyakit hipertensi, terutama akibat hipersensitivitas terhadap natrium seperti garam dapur, petsin atau soda kue.
3. Ketimun dapat memberikan rasa sejuk dalam mulut untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan atau luka sariawan.
4. Irisan ketimun dapat membuat mata terlihat cerah dan berbinar. Caranya, tempelkan saja irisan timun selama 20 menit pada tiap kelopak mata dan lihat hasilnya.
5. Ketimun dapat memperlancar buang air kecil sehingga dapat mengurangi beban kerja jantung dan menurunkan tekanan darah.
6. Ketimun adalah bahan penyegar yang dingin, obat pembersih dan pelembab sekaligus bagi semua jenis kulit wajah. Irisan ketimun maupun sari ketimun dapat ditempelkan pada wajah secara rutin untuk menghambat hadirnya keriput dan membuat kulit makin lembut. Ketimun juga sebagai penetralisir kulit berminyak, mengatasi jerawat, bengkak di sekitar mata hingga mencegah kerutan wajah.
7. Ketimun terkenal efektif menghilangkan jerawat ringan. Tempelkan irisan ketimun di bagian wajah yang berjerawat dan jerawat biasanya cepat sekali hilang.
8. Ketimun yang sifatnya dingin, dapat juga dipakai untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan dan ‘memadamkan’ kulit yang terbakar matahari. Bagian tubuh yang tersiram air panas-pun jika dibalut dengan parutan daging ketimun, akan dengan cepat terobati.
9. Sebagai Obat Demam
Ambil timun dua-tiga biji. Parut dan peras airnya. Tempelkan parutan buah pada bagian perut. Lakukan hingga demam mereda.
10. mengobati penyakit cacingan.
Karena biji ketimun diketahui mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti yang mampu memusnahkan cacaing dalam tubuh kita
11. Biji ketimun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan, akibat batuk yang diikuti dengan hilangnya suara. Caranya, cukup dengan mencampurkan biji ketimun dengan sedikit garam dan dikumur selama beberapa kali sehari.
12. Ketimun yang di makan mentah atau sudah di masak, juga kerap dijadikan obat alami penyembut sakit kepala terus menerus yang menyebabkan penurunan berat badan. Begitu pula dengan penyakit disentri, dapat sembuh dengan mengkonsumsi buah ini.
13. Mata yang sering lelah dan mengantuk
Tempelkan irisan timun sebesar mata setiap tiga menit selama 20 menit pada kelopak untuk mengatasi mata yang sering lelah dan mengantuk.
14. Jus ketimun yang segar dan berguna untuk kesehatan, juga dapat merawat kulit dari kudis. Tak heran juga kalau ketimun dijadikan sebagai masker muka, sebab selain melembabkan, ketimun membantu kulit menjadi halus dan mulus.
15. . Mengobati sariawan
Makan ketimun sembilan buah sehari, lakukan secara rutin.
Sekarang kita jadi tahu khan khasiat ketimun buat tubuh kita. Nah…lebih baik mulai sekarang nggak salah kalau kita makan ketimun biar kita dapat merasakan sendiri khasiat ketimun. Selamat mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar