welcome to my blog, hopefully useful :)

Minggu, 16 Desember 2012

Apa Itu Kromosomm ??


Apa Itu Kromosomm ??

Kromosom adalah struktur terorganisir dari DNA dan protein yang ditemukan dalam sel. Ini adalah satu potongan melingkar DNA yang mengandung banyak gen, elemen peraturan dan sekuens nukleotida lainnya. Kromosom juga mengandung DNA-terikat protein, yang berfungsi untuk paket DNA dan mengontrol fungsi-fungsinya. Kata''''kromosom berasal dari bahasa Yunani (''''chroma, warna) dan (''''soma, tubuh) karena harta mereka menjadi sangat kuat diwarnai dengan pewarna tertentu.
DNA and histone proteins are packaged into structures called chromosomes. Image Credit: U.S. National Library of Medicine
DNA dan protein histon yang dikemas ke dalam struktur yang disebut kromosom. Gambar Kredit: US National Library of Medicine
Kromosom bervariasi antara organisme yang berbeda. Molekul DNA mungkin melingkar atau linier, dan dapat terdiri dari 10.000 untuk 1000000000 nukleotida dalam rantai panjang. Biasanya sel-sel eukariotik (sel dengan inti) memiliki kromosom linier besar dan sel prokariotik (sel-sel tanpa inti didefinisikan) memiliki kromosom melingkar kecil, meskipun ada banyak pengecualian untuk aturan ini. Selanjutnya, sel dapat mengandung lebih dari satu jenis kromosom, misalnya, mitokondria pada eukariota paling dan kloroplas pada tanaman memiliki kromosom kecil mereka sendiri.
Pada eukariota, kromosom nuklir dikemas oleh protein menjadi struktur kental yang disebut kromatin. Hal ini memungkinkan molekul DNA yang sangat panjang untuk masuk ke dalam inti sel. Struktur kromosom dan kromatin bervariasi melalui siklus sel. Kromosom adalah unit penting untuk divisi seluler dan harus direplikasi, dibagi, dan lulus dengan sukses ke sel putri mereka sehingga untuk memastikan keragaman genetik dan kelangsungan hidup keturunan mereka. Kromosom mungkin ada baik sebagai kromosom diduplikasi atau unduplicated-unduplicated adalah untaian linier tunggal, sedangkan kromosom diduplikasi (disalin selama tahap sintesis) berisi dua salinan bergabung dengan sentromer. Pemadatan kromosom diduplikasi selama hasil mitosis dan meiosis dalam struktur empat-lengan klasik. Rekombinasi kromosom memainkan peran penting dalam keragaman genetik. Jika struktur ini dimanipulasi benar, melalui proses yang dikenal sebagai kromosom dan translokasi ketidakstabilan, sel dapat mengalami bencana mitosis dan mati, atau mungkin menghindari apoptosis aberrantly mengarah pada perkembangan kanker.
Dalam prakteknya "kromosom" adalah istilah yang agak longgar didefinisikan. Dalam prokariota dan virus, yang genophore istilah yang lebih tepat ketika tidak ada kromatin hadir. Namun, tubuh besar pekerjaan menggunakan istilah kromosom terlepas dari konten kromatin. Dalam DNA prokariota biasanya disusun sebagai lingkaran, yang erat melingkar pada dirinya sendiri, kadang-kadang disertai oleh satu atau lebih kecil, molekul DNA sirkular yang disebut plasmid. Ini genom melingkar kecil juga ditemukan dalam mitokondria dan kloroplas, yang mencerminkan asal-usul bakteri mereka. Para genophores sederhana yang ditemukan dalam virus: molekul-molekul DNA atau RNA yang genophores singkat linier atau melingkar yang sering kali kekurangan protein struktural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar